loader image

Bertaqwalah Demi Anakmu

Ketika rasa malas untuk melakukan ibadah menghampiri atau terbetik keinginan untuk bermaksiat, ingatlah anak-anakmu.

Renungkanlah Firman Allah ta’ala :
وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا
Dahulu ibu bapaknya adalah orang-orang shalih… (QS. Al Kahfi : 82).

Sahabat yang mulia Abdullah bin Mas’ud, ketika beliau sholat malam sementara putra beliau yang masih kecil terlelap tidur, sembari memandangi putranya beliau lalu berkata :

من أجلك يا بني…
“Demi dirimu wahai anak ku..”

Lalu beliau sambil menangis membaca firman Allah ta’ala :
وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا
Dahulu ibu bapaknya adalah orang-orang shalih… (QS. Al Kahfi : 82).

Benar sekali, sesungguhnya ketakwaan orangtua sangat berpengaruh pada kesholihan anak-anaknya. Apabila orang tuanya sholih, hubungannya dengan Allah kuat, maka Allah akan menjaga anak-anaknya bahkan sampai cucu-cucunya. Seperti dalam kisah dalam surat al Kahfi, Allah menjaga simpanan harta kedua anak yatim itu dikarenakan kesalehan kakek mereka yang ketujuh.

====

Allah ‘Azza wajalla mengingatkan :

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (QS. An Nisa : 9).

(Habib Muhammad Al Habsyi)

About Ghozali Husain

Check Also

Bolehkah Menikahi Sepupu Sendiri? Ini Hukumnya!

Menikahi sepupu sendiri merupakan topik yang memicu debat. Artikel ini menguraikan hukumnya serta memberikan wawasan tentang argumen pro dan kontra yang melingkupi praktik ini.

Tinggalkan Balasan

Beranda
Artikel
Khutbah
LBM
Kontribusi